Minggu, 20 April 2014

Seni Mozaik



Membuat Karya Seni
Dengan Konsep Mozaik

            Mengajar seni rupa di Sekolah Dasar sebenarnya bagus disisipkan dengan mengenalkan anak pada konsep mozaik, karena dari pengenalan konsep inilah kita bisa mengajarkan anak tentang bagaimana cara memanfaatkan benda-benda sekitar seperti  yang sudah tidak terpakai, dan akhirnya jika dianfaatkan  bisa memiliki nilai murni maupun nilai terapan .
Mozaik merupakan suatu teknik menggambar karya seni rupa dua atau tiga dimensi dengan cara memanfaatkan material yang telah dipotong-potong dengan bentuk-bentuk geometris (lingkaran, segi empat, dan lain-lain) kemudian disusun dengan ditempelkan pada bidang datar dengan cara di lem, kepingan-kepingan material ini berfungsi sebagai pengganti bahan pewarna. Kepingan benda-benda itu, antara lain :  kepingan pecahan keramik, potongan kaca, potongan kertas, potongan daun, potongan kayu. Kali ini kami mencoba membuat gambar dengan mozaik, dimana kami menggunakan majalah, Koran, kertas origami sebagai pengganti bahan pewarna. Langkah pertama yang saya lakukan adalah membuat objek gambar pada kertas A4, saya menggambar kartun dengan Donald bebek. Langkah kedua, menempel dengan lem potongan-potongan kertas pada gambar sesuai warna yang diinginkan. Adapun kendala yang saya hadapi yaitu ketika menempel saya kurang sabar sehingga tumpukan-tumpukan kertas pada bagian tertentu gambar menjadi kurang rapi, dari ketidak rapian itulah saya mencoba untuk memperbaiki dan secara tidak disadari kita sedang berlatih meningkatkan kesabaran, selain itu penempatan warna juga kurang menarik. Berikut ini mozaik saya 


            Maaf jika gambarnya kurang bagus . Mohon saran dan masukannya, terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar